Anarko Bahayanya Melebihi Teroris Dibongkar Polisi

Penulis: Ninoy Karundeng

0
236
Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana saat menunjukkan barang bukti yang digunakan pelaku vandalisme dari kelompok Anarko. (Foto: Berita Satu / Chairul Fikri)

Polisi menangkap para aktor lapangan rancangan pembuat kerusuhan. Di tengah situasi ancaman terhadap wabah Covid-19, kelompok Anarko-Sindikalis melakukan aksi.

Polisi cepat menangkap para perusuh dari berbagai kota. Bandung. Jakarta. Banten. Anarko seperti namanya adalah kelompok anarkis. Yang ditangkap antara lain RIAP alias Rio, MRR alias Muhammad, SR alias Sitti, AAM alias Alfah.

“Mereka tidak puas dengan kebijakan pemerintah dan memanfaatkan situasi yang saat ini, di tengah wabah Corona,” ujar Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana di Jakarta Jumat (10/4/2020).

Tiga pelaku yang tengah merancang kerusuhan ditangkap aparat Reskrim Polres Tangerang Kota bersama anggota Ditreskrimum Polda Metro Jaya di sebuah kafe di wilayah Kota Tangerang pada Jumat (10/4). Dua orang lagi ditangkap di Bekasi dan Tigaraksa, Tangerang.

Selain itu dari gerakan Anarko di media sosial ditangkap empat orang di Bandung. Mereka menggunakan WhatsApp Group dan Telegram untuk merancang kerusuhan. Ini hasil dari pengembangan penangkapan di Tangerang.

“Akan kami kembangkan bukan hanya di Jakarta, tapi juga di Bandung dan beberapa kota lainnya,” ujar Irjen Nana.


Peta Gerakan Anarko

Anarko adalah kelompok kiri yang dekat dengan komunisme, walau sudah mati. Isu komunisme dipakai oleh kelompok anti pemerintahan Jokowi. Mereka melakukan infiltrasi ke SMA lewat rohis dan OSIS, mahasiswa, buruh, pejabat, LSM, organisasi, dan komunitas.

Karena Anarko menanamkan ideologi gerakan. Anarko mengusung anti kapitalisme sebagai kedok. Karena hampir semua pengikut anarko pemraktik kapitalisme.

Maka tak salah jika di media sosial dan media ada yang membela Anarko. Melakukan counter attack ke Polisi yang meringkus. Aksi mereka dikecilkan, dikerdilkan. Vandalisme dan graffiti adalah strategi mereka membangun keresahan. Untuk tujuan revolusi sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here