Dirgahayu TNI AU ke-74, Semakin Jaya “sayap pelindung tanah air”

0
73

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (atau biasa disingkat TNI Angkatan Udara atau TNI-AU) adalah salah satu cabang angkatan perang dan merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia di udara.

Tepat pada hari ini, Kamis (9/4/2020) peringatan hari jadi Tentara Nasional Indonesia   Angkatan Udara (TNI-AU) yang ke-74. Namun, Dirgahayu TNI-AU pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mabes TNI-AU akan memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 secara sederhana di tengah wabah COVID-19 di Indonesia. Hampir semua kegiatan yang telah direncanakan dalam peringatan HUT TNI-AU di batalkan, dengan kata lain ditiadakannya hingar bingar berupa Drumband Gita Dirgantara Akademi Angkatan Udara, defile pasukan, atraksi terjun payung, atraksi kemampuan Korps Baret Jingga, flypast seluruh jenis pesawat, atraksi dogfight jet tempur, simulasi serangan udara langsung, aksi pembebasan sandera, aksi SAR Tempur, maupun aksi memukau Jupiter Aerobatic Team.

Baca juga: 4 Cara Bikin Masker Kain Sendiri Tanpa Dijahit, Bisa Cegah Corona

“Kita akan memperingati HUT ke-74 TNI-AU secara sederhana. Kita tidak ingin menghilangkan makna peringatan HUT TNI-AU ini di tengah wabah COVID-19,” ujar Kepala Subdinas Penerangan Umum Dispenau Kolonel (Sus) Muhammad Yuris, Jakarta, Rabu (8/4/2020). Menurut Yuris, acara peringatan HUT TNI-AU ini hanya menggelar upacara kecil yang dipimpin oleh Kepala Staf TNI-AU (KASAU) Marsekal Yuyu Sutisna di Mabes AU Cilangkap, Jakarta Timur yang juga dihadiri oleh para Pati TNI AU hingga tamtama. 

“Upacara akan dihadiri oleh para Pati TNI AU, Pamen hingga tamtama. Tidak banyak yang akan ikut upacara karena setiap peserta upacara di kasih jarak sekitar 1,5 meter. Kita tidak ingin mengundang banyak orang di tengah wabah COVID-19. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran COVID-19,” kata Yuris. Akan tetapi, dalam memperingati hari jadi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara, TNI-AU akan memberikan santunan ke panti asuhan berupa sembako dan memberikan alat kesehatan kepada petugas medis.

Sekali lagi, Dirgahayu TNI AU ke-74, swa bhuwana paksa, tetaplah menjadi sayap pelindung tanah airku.

Ananta Hira
Alumni Akpol 2009A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here