Kapolsek Tambun AKP Gana Yudha Pratama S.I.K. Siap Menjalin Kemitraan Dengan Semua Pihak

0
138

Tongkat komando Kapolsek Tambun resmi berpindah tangan. Kompol H. Siswo S.H yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Tambun kini menjabat sebagai Kanit II PAM OVIT Polda Metro Jaya dan digantikan oleh AKP Gana Yudha Pratama S.I.K, Kamis (2/4/2020).

Hari pertama menjabat sebagai Kapolsek Tambun, AKP Gana Yudha Pratama akan menjalin kemitraan dengan semua pihak dalam menjalankan tugas saat ini di wilayah hukum Tambun. “Polsek adalah unsur pelaksanaan tugas pokok fungsi kepolisian di wilayah kecamatan yang berada di bawah Kapolres” ujar Kapolsek Tambun AKP Gana Yudha Pratama.

Adapun tugas-tugas Polsek ialah menyelenggarakan tugas pokok Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, memberikan perlindungan dan pelayanan serta mengayomi masyarakat, dan juga tugas tugas Polri lain dalam daerah hukumnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: 19 Perwira Tinggi Polri Dinaikkan Pangkatnya oleh Kapolri

Kapolsek Tambun menyampaikan beberapa fungsi-fungsi Polsek ialah memberikan pelayanan polisi kepada masyarakat dalam bentuk penerimaan dan penanganan laporan atau pengaduan serta memberikan bantuan dan pertolongan termasuk pengamanan kegiatan masyarakat dan lain sebagainya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam rangka pencegahan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta pelayanan SKCK, Polsek menyelenggarakan fungsi intelijen di bidang keamanan meliputi pengumpulan bahan keterangan atau informasi untuk keperluan deteksi dini dan peringatan dini.

Fungsi lain Polsek ialah berfungsi untuk menyelenggarakan Turjawali, yaitu pengamanan kegiatan masyarakat ataupun instansi pemerintah dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penanganan Tipiring serta pengamanan markas. Adapun penanganan kecelakaan lalu lintas guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas serta penyelidikan dan penyidikan tindak pidana sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Jalur Puncak diserbu oleh kegiatan simpatik pencegahan penyebaran COVID-19

Polsek berguna untuk memberikan bantuan hukum bagi anggota Polsek jajaran beserta keluarganya serta penyuluhan hukum pada masyarakat. “Polsek berfungsi sebagai pemberdayaan peran serta masyarakat melalui Polmas dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat guna agar terwujudnya kemitraan serta membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polsi,” tutur AKP Gana Yudha Pratama.

Polsek juga berfungsi sebagai penyelenggaraan fungsi kepolisian perairan, penyelenggaraan administrasi umum dan ketatausahaan, pengumpulan dan pengolahan data serta menyajikan informasi dan dokumentasi kegiatan di lingkungan Polsek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here