KASATLANTAS POLRES KEDIRI, AKP BOBBY: GANTI DENGAN KAMERA

0
180
KASATLANTAS POLRES KEDIRI AKP BOBBY MOCHAMMAD ZULFIKAR

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menawarkan e-TLE. Yaitu program tilang elektronik yang akhirnya menghapus tilang di jalan. Di Kediri, segera diterapkan tahun ini di Pare dan Ngasem. Begini penjelasan dari Kasatlantas Polres Kediri AKP Bobby Mochammad Zulfikar.

Sebenarnya apa sih e-TLE?

e-TLE itu singkatan dari electronic traffic law enforcement yang merupakan implementasi teknologi untuk mencatat segala pelanggaran yang terjadi di jalan. Ke depannya polisi lalu lintas sesuai petunjuk Kapolri hanya mengatur dan mengawal saja. Tidak melakukan penilangan. Karena nanti yang melakukan penilangan sudah sangat objektif melalui kamera. Kamera ini memiliki spesifikasi khusus yang bisa merekam jenis-jenis pelanggaran. Kameranya sangat bagus, bisa lihat pelanggar, lihat batas kecepatan, dan tak hanya lihat pelanggaran saja. Namun bisa pantau kondisi arus lalu lintas.

Sebenarnya, sejak kapan e-TLE ini ada?

e-TLE sudah dilaunching sejak 2019 lalu dan sudah diberlakukan di tahun 2020 di Kota Jakarta dan Surabaya. Itupun hanya jalan tertentu, kalau di Kediri nanti akan diberlakukan tahun ini. Tapi sebelumnya koordinasi dulu dengan dinas perhubungan, pengadilan negeri, kejaksaan, dan polisi.

Untuk di Kediri, kira-kira di titik mana akan di pasang kamera e-TLE?

Titiknya nanti kami koordinasikan terlebih dahulu mana yang diberlakukan. Sementara ini kami rencanakan di Perempatan Masjid An-nur Pare, dan di Pertigaan Katang, Ngasem. Tapi harus benar-benar dalam pengkajian yang tepat dan akurat. Karena untuk kamera e-TLE ini tidak mudah dan diperlukan biaya cukup tinggi.

Teknis penilangan e-TLE ini seperti apa?

Misal yang bersangkutan terekam melakukan pelanggaran, lalu kami konfirmasi dulu melalui backoffice untuk kirim surat kepada alamat pelanggar. Yang sesuai surat tanda nomor kendaraan (STNK) yang terekam dari nomor polisi. Nantinya dikonfirmasi apakah betul melakukan pelanggaran, kalau iya nanti akan dikenai tilang elektronik. Jadi teknisnya bukan polisi langsung yang tilang, melainkan kamera itu.

Kelebihan e-TLE ini dengan tilang biasa seperti apa?

Kelebihan dengan tilang biasa adalah berkurangnya kontak masyarakat dengan polisi. Lalu mengurangi adanya penyalahgunaan wewenang. Seperti pungutan liar dan tindakan penyogokan.

Apa imbauan bagi pengendara di jalan untuk mengurangi adanya pelanggaran lalu lintas?

Untuk pengendara harus mematuhi aturan berlalu lintas supaya tidak kena tilang. Dengan melengkapi surat kendaraan bermotor dan menggunakan pengaman ketika berkendara. Kami imbau juga masyarakat dan teman-teman dalam mengendarai kendaraan bermotor dengan tertib dan saling menghormati ke sesama pengguna jalan. Karena dengan menghormati dan tertib lalu lintas akan mengurangi tingkat kecelakaan.

Sumber : radarkediri.jawapos.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here