Mengenal Pemanis Alami dari Daun Stevia Hasil Budidaya AKP FADLI, Polisi di Bogor. Bisa mengganti gula?

0
31

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, KLAPANUNGGAL – Seorang polisi di BogorAKP Fadli Amri berhasil kembangkan daun stevia untuk dijadikan pemanis alami nol kalori cocok untuk penderita diabetes.

Bersama rekan-rekannya, polisi menjabat sebagai Kapolsek Klapanunggal ini berhasil mengekstrak daun stevia tersebut menjadi sebuah produk.

“Rasanya lebih manis hingga 300 kali lipat dari gula pasir, nol kalori dan aman dikonsumsi penderita diabetes,” kata Fadli Amri kepada wartawan, Jumat (4/7/2021).

Fadli telah berhasil menyulap daun stevia ini ke sebuah produk dengan nama Dripsweet setelah menemui beberapa kali kegagalan dalam prosesnya.

Dripsweet ini, kata dia, kini juga sudah memiliki ijin edar BPOM dan sertifikasi halal MUI.

“Rata-rata saat ini masih banyak yang menggunakannya untuk konsumsi pribadi, industri makanan dan kue. Ada juga yang kami kemas dalam botol kecil ukuran 5 ml dan 30 ml. Untuk hasil produksinya sementara ini bisa sekitar 300 ribu botol per bulan,” terang Fadli.

TribunnewsBogor.com pun berkesempatan mencoba ekstrak daun stevia tersebut.

Segelas es teh tawar langsung menjadi es teh manis setelah hanya dicampur setetes ekstrak daun stevia ini.

Rasa manis setetes ekstrak daun stevia Dripsweet di dalam segelas es teh ini juga tidak terasa manis berlebihan di lidah.

“Dengan masa panen sekitar 1,5 sd 2 bulan tentunya ini bisa menjadi alternatif tersendiri untuk dibudidayakan, tanaman ini bisa tumbuh kembali tanpa menanam bibit baru, hanya dengan system cangkok batang di ketinggian 800 dpl,” katanya.

Proses pembuatan gula cair dari Daun Stevia ini, kata Fadli, prosesnya menggunakan katalis enzim untuk mendapatkan esktrak daun stevia.

“Sayangnya saat ini belum ada pabrik ekstrak tersebut di Indonesia, sehingga harus impor dari luar negeri. Saya juga berharap ada yang mau berinvestasi untuk membuat pabrik esktrak daun stevia, karena akan sangat membantu baik bagi konsumen maupun petani, karena akan ada komoditi baru yang bisa dibudidayakan,” ujarnya.

Produk Dripsweet ini kini juga mudah didapatkan dengan mengakses http://www.dripsweet.co.id atau instagram http://www.instagram.com/dripsweet_id



Sumber : https://bogor.tribunnews.com/2021/06/04/mengenal-pemanis-alami-dari-daun-stevia-hasil-budidaya-polisi-di-bogor

follow http://www.instagram.com/mfadliamri untuk informasi lebih lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here