Pengecekan Kakorlantas Polri ke Posyan Gadog “Car Free Night bukan hanya untuk mobil saja”

0
3

Bogor–Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengecek kesiapan Polres Bogor di Pos Pelayanan Gadog dalam rangka pengamanan jalur wisata Puncak jelang perayaan pergantian tahun baru 2019-2020 (28/12/2019).

Program inovasi “CAR FREE NIGHT” yang dilakukan oleh Sat Lantas Polres Bogor dalam rekayasa arus lalu lintas jelang perayaan pergantian tahun baru 2019-2020, mendapatkan perhatian dari pimpian tertinggi Korps Lalu Lintas Mabes Polri Irjen Pol Istiono. Pasalnya daerah wisata Puncak Kabupaten Bogor tetap menjadi primadona para wisatawan baik Domestik dan Mancanegara sehingga jumlah arus kendaraan yang akan menuju puncak di prediksi akan meningkat jelang pergantian tahun 2019.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Muhammad Fadli Amri merincikan soal pelarangan roda dua yang dimaksud dalam Car Free Night pada pukul 18.00WIB-06.00WIB di tanggal 31 Desember 2019- 1 Januari 2020. Pembatasan hanya fokus pada roda empat, dan akan diterapkan jika volume kendaraan roda dua terjadi peningkatan.

“Jadi untuk car free night kami melakukan pembatasan, pembatasannya sendiri betul kepada roda empat dan dua. Namun kami lebih fokuskan kepada roda empat karena car free night bukan motor cycle free night,” kata Fadli, usai meninjau mendampingi Kakorlantas Irjen Pol Istiono di Gadog, Puncak Bogor, Sabtu malam 28 Desember 2019.

Namun demikian, lanjut Kasat Lantas Polres Bogor mengatakan, untuk roda dua sendiri Kepolisian berikan aksesbilitas secara terbatas dengan melihat kondisi arus lalu lintas di lapangan. Jika terjadi over load kendaaraan yang memasuki Puncak, Kepolisian Resor Bogor akan menutup arus kendaraan agar menghindari terjadinya staknasi arus lalu lintas. Sebab, kata dia, kepasatan roda dua bisa terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Animonya roda dua untuk berada dipuncak itu tinggi ya, untuk sekedar menghabiskan waktu pegantian tahun. Ketika dirasa perlu kami akan melakukan rekayasan untuk membatasi jumlahnya jangan sampai terjadi kepadatan kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang akhirnya menyebabkan arus terkunci atau staknasi yang efeknya akses buruk kepada semuanya,” kata Fadli.

Untuk mengantisipasi kepadatan, Sat Lantas Polres Bogor akan mengarahkan kendaraan ke kantung-kantung parkir di sepanjang jalur puncak.

“Kantong parkir lebih dikhususkan kepada hotel-hotel rumah makan jadi kita tidak mengkhususkan masyarakat disuatu tempat.  Karena kita tidak mengakomodir satu acara, tapi melayani masyarakat yang ingin merayakan pergantian tahun, dan  kita mengatur lalintas dengan baik,” ujar Kasat Lantas.

Penerapan one way atau satu arah hingga car free night oleh Polres Bogor untuk mengatur volume kendaraan yang membludak. Berdasarkan informasi Pintu Tol, lebih dari 30 ribu kendaraan perhari menuju puncak, sehingga saat penijauan lalu lintas, Kakorlantas Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, mengatakan hasil tinjauan jalur Puncak, Polres Bogor telah mengelola lalu lintas dengan sistem one way dengan situasional terbagi beberapa sesi waktu yang jadwal pelaksanaannya dapat juga di monitor pada media sosial Instagram sat Lantas Polres Bogor @tmcpolresogor dan Instagram Polres Bogor @polresbogor.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan “Personil Kepolisian telah memprediksi arus puncak yang fluktuasi dengan kepadatan yang setiap hari terjadi.  Oleh karena itu Satlantas Polres Bogor menerapkan  aturan one way dengan konsisten, dan kegiatan Car Free Night yang akan dilaksanakan pada saat tanggal 31 Desember tahun 2019 mulai jam 18.00 s/d jam 06.00 WIB tanggal 01 Januari 2020”. (BAP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here