PRESIDEN : AYO BANGKITKAN ‘GERAKAN BANGGA BUATAN INDONESIA’

0
35
Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo

Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia digerakkan oleh 14 kementerian/lembaga yang dikoordinir oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk mengembangkan industri kreatif produk-produk Indonesia agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Gerakan yang diresmikan oleh Presiden pada 14 Mei silam ini merupakan bentuk gotong royong bersama dalam menggerakkan perekonomian nasional melalui penyediaan ruang yang lebih besar bagi para pelaku usaha untuk berkarya dan memasarkan produknya.

Presiden Joko Widodo menilai, Indonesia memiliki banyak anak bangsa yang mampu menghasilkan karya-karya yang hebat, apalagi di bidang industri kreatif, seperti fesyen, kuliner, kriya, film, musik, animasi, gim, dan sebagainya.

“Kita akan terus memperbaiki ekosistem berusaha bagi para pelaku industri kreatif. Kita harus ciptakan lebih banyak peluang bagi industri dalam negeri untuk makin berkembang. Kita harus terus munculkan potensi-potensi yang tersembunyi, agar tampil memperkaya ragam kreasi khas Indonesia,” ujar Presiden.

Presiden mengungkapkan, kecintaan 270 juta rakyat Indonesia terhadap produk dalam negeri adalah salah satu kunci dari gerakan bangga buatan Indonesia ini. Hal ini tidak hanya mendorong perkembangan industri kreatif Indonesia tetapi juga berdampak besar bagi perekonomian Indonesia.

“Jika 270 juta rakyat Indonesia bangga, mencintai, membeli, dan menggunakan produk-produk buatan Indonesia, maka akan membantu menekan defisit transaksi berjalan, akan membuat industri kreatif nasional berkembang cepat dan pesat,” ujar Presiden.

Ditambahkan Presiden, rantai pasok yang panjang dari produk Indonesia tersebut, akan membuka industri turunan terutama sektor UMKM, membuka lapangan kerja baru yang semakin banyak, dan berkontribusi pada percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Sumber : Infokabinet.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here